Kegiatan Kemahasiswaan

Himpunan Mahasiswa PKN

Himpunan Mahasiswa Politik dan Kewarganegaraan (Hima PKN) merupakan lembaga mahasiswa yang menaungi kegiatan kemahasiswaan dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraaan (Prodi PPKn) dan Program Studi Ilmu Politik (Prodi Ipol). Himpunan mahasiswa menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mendapatkan softskill seperti public speaking, manajemen waktu, membangun jaringan, membuat dan melaksanakan program kegiatan, dan banyak manfaat lainnya. Periode kepengurusan Hima PKN berlangsung selama satu tahun, dimulai pada awal semester genap (Februari) melalui kegiatan pelantikan pengurus dan berakhir di akhir semester ganjil (Desember) melalui kegiatan rapat kerja dan kongres.

Dalam kepengurusan Hima PKN terdiri dari Badan Pengurus Harian (BPH) dan beberapa departemen disesuaikan dengan periode kepengurusan. BPH terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua Hima, Sekretari, Bendahara, dan Biro Internal. Ketua dan Wakil Ketua Hima yang dipilih secara langsung oleh seluruh mahasiswa Jurusan PKn melalui pemilu raya jurusan. Sementara untuk jabatan kepengurusan lainnya dipilih melalui rekrutmen oleh Ketua dan Wakil Ketua terpilih pada periode tersebut

Hima PKN memiliki satu event besar yang telah rutin dilaksanakan sejak tahun 2013, yakni Bulan Pancasila. Bulan Pancasila dilaksanakan pada akhir Mei hingga awal Juli setiap tahunnya. Kegiatan tersebut berskala nasional dengan beberapa perlombaan seperti Olimpiade Integralistik Cerdas Cermat Pancasila dan UUD 1945, Debat Politik Mahasiswa, Lomba Poster Kebangsaan, Lomba Podcast Mahasiswa, Lomba Best Practice Guru PPKn SMP-SMA Nasional, dan beberapa kegiatan seminar dan dialog kebangsaan terkait dengan refleksi Pancasila.

Hima PKN berkegiatan di Padepokan Karakter
Ketua Hima PKN (Mico Lesmana Putra)
Peringatan Bulan Pancasila