Akademik Prodi PPKn

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

MBKM merupakan kepanjangan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar prodi maupun di luar kampus selama 3 semester. Ada 8 program MBKM yaitu pertukaran pelajar, magang, asistensi mengajar, riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, proyek independen, kuliah kerja nyata tematik. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di https://mbkm.unnes.ac.id

Kegiatan MBKM Mahasiswa UNNES

UNNES LANTIP

UNNES Lantip merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh UNNES. Bentuk program ini berupa pengimplementasian praktik mengajar di sekolah sehingga mahasiswa mampu memberikan kontribusi dalam membangun SDM yang unggul dan terdepan. Program UNNES Lantip dipraktikkan di PAUD, SD, SMP, SMA, maupun SMK. Program ini dilaksanakan selama 4 bulan dengan rekognisi 12 SKS berupa 4 SKS PLP dan 8 SKS Kuliah Prodi.

Mahasiswa UNNES praktik mengajar di SD

UNNES GIAT

UNNES Giat merupakan salah satu bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bernaung di bawah pengelolaan pusat KKN Universitas Negeri Semarang. UNNES Giat bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk berkegiatan di tengah masyrakat sebagai bentuk implementasi MBKM. Saat ini, UNNES Giat mempunyai 2 agenda yaitu UNNES Giat Pencegahan dan Penanganan Stunting (Implementasi Proyek Kemanusiaan dalam MBKM) dan UNNES GIAT Penguatan Generasi Milenial Mendukung SDGs Desa. UNNES Giat dilaksanakan dalam kurun waktu 2-4 bulan.

UNNES Giat berkegiatan memproduksi barang kerajinan

Pendidikan Generasi Muda dan Kepramukaan (PGMK)

PGMK merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep-konsep dasar kepemudaan ditinjau dari beberapa aspek, yang meliputi permasalahan generasi muda, potensi generasi muda, pembinaan generasi muda serta kebijakan pemerintah dalam penbinaan dan pengembangan generasi muda. Selain itu, mata kuliah ini juga memberikan pengetahuan tentang konsep dasar pendidikan kepramukan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda, yang diberikan secara teorotis maupun dengan pratik/latihan pramuka.

Api Ungun

Kurikulum Prodi PPKn dapat dilihat : di sini