Akademik Prodi Ilmu Politik

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi dan di luar perguruan tinggi selama tiga semester. Program MBKM memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan magang/praktik kerja di industri atau tempat kerja lainnya, melaksanakan proyek pengabdian kepada masyarakat di desa, mengajar di satuan pendidikan, mengikuti pertukaran mahasiswa, melakukan penelitian, melakukan kegiatan kewirausahaan, membuat studi/proyek independen, dan mengikuti program kemanusiaan. Melalui program tersebut mahasiswa dapat meningkatkan soft skills maupun hard skills,  dan meningkatkan kompetensi lulusan untuk terjun di lingkungan masyarakat maupun lingkungan kerja.

Program Magang / Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Program Studi Ilmu Politik telah bekerja sama dengan lembaga legislatif maupun eksekutif, baik di tingkat pusat maupun daerah. Selama satu dekade, program magang mahasiswa Prodi Ilmu Politik telah terlaksana di hampir setiap lembaga pemerintahan kabupaten/kota di Jawa Tengah. Selain di lembaga pemerintahan, program magang juga dapat dilaksanakan di lembaga-lembaga independen seperti KPU dan Bawaslu, serta di partai politik. Program magang ini mampu menghasilkan lulusan yang direkrut secara langsung sebagai pegawai oleh lembaga pemerintahan tempat pelaksanaan magang. Selain itu, mahasiswa magang di partai politik banyak yang menjadi anggota partai politik dan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif daerah.

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Program KKN mengajak para mahasiswa bekerja sama dengan masyarakat secara langsung untuk melakukan identifikasi potensi dan menangani permasalahan desa. Program tersebut diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/daerah, serta mampu meramu solusi untuk masalah yang ada di desa. Kuliah Kerja Nyata memberikan pengalaman belajar kepada mahsiswa untuk hidup secara langsung di tengah masyarakat di luar kampus. Melalui program tersebut, memberikan pengalaman kepada mahasiswa Program Studi Ilmu Politik untuk menjadi aktor-aktor pemerintahan desa baik sebagai kepala desa, perangkat desa, maupun anggota Badan Pengawas Desa.

Kurikulum Prodi Ilmu Politik

Program Studi Ilmu politik memiliki kurikulum yang telah disesuaikan dengan perubahan zaman dan berdasarkan kebutuhan di lingkungan kerja terutama untuk penguatan institusi lokal seperti pemerintahan daerah. Download kurikulum Program Studi Ilmu Politik di sini.

Kegiatan Magang/PKL

Program KKN