Home » Testimoni

Testimoni

M Rowaji, S.Pd
Alumni PPKn Anggkatan 1994
Ketua HMJ PPKn Periode 1996-1997)
(Guru SMK N 1 Lebakbarang Kabupaten Pekalongan)
“Program Studi (Prodi) PPKn adalah lembaga tempat mahasiswa memperoleh berbagai ilmu yang bermanfaat untuk menghadapi tantangan kehidupan di masa depan, berperan membantuk sikap, karakter Warga Negara yang tangguh, tahan uji, beriman, taqwa, jujur, pekerja keras dan cerdas, bisa mengambil, menciptakan peluang, yang bisa bermanfaat bagi diri pribadi, orang lain (masyarakat) serta membangun bangsa dan negaranya.
Harapan saya sebagai alumni, semoga lembaga tambah maju, selalu dan terus berperan menjadi agen perubahan, terus menghasilkan generasi unggul yang bisa mengambil peran dalam menyelesaikan permasalahan bangsa antara kita mengentaskan pengangguran, kemiskinan dan kebodohan.
Prodi PPKn adalah salah satu ujung tombak tetap tegaknya NKRI, sebagai penjaga tetap berkibarnya sang Saka Merah Putih, sebagai perekat Bhineka Tunggal Ika, sebagai penggali dan pengembang nilai-nilai Pancasila, tentu harus tetap dipercaya diri, sebagai pengemban tugas yang mulia, tugas yang tidak mudah, memerlukan energi yang besar untuk melaksanakannya.
Yang tidak mudah dicapai oleh Lembaga Pendidikan adalah menghasilkan produk yang tidak hanya cerdik pandai, cerdas berpengetahuan tinggi, tetapi juga berakhlak mulia, jujur, taat kepada norma masyarakat, hukum negara dan hukum agama. Masih banyak petinggi negeri ini cerdik pandai, cerdas, tetapi juga sekaligus pelanggar norma masyarakat, hukum negara, dan hukum agama, korupsi seperti hal biasa dilakukan petinggi negeri? Tugas LPTK untuk menjawabnya.
Untuk adik-adik kelas, bahwa tantangan abad XI terus berubah, berkembang dengan cepat, semakin kompleks, maka jangan sampai terlena dengan buaian, jadilah pribadi yang unggul, pengetahuannya, sikapnya, perilakunya, berakhlak mulia, berkarakter, untuk itu teruslah belajar, dimanapun, kapanpun, dengan siapapun, maka masa depan akan menjadi milikmu.
Daya serap terhadap alumni UNNES sepengetahuan saya, selama saya pernah mengabdi di Semarang (9 tahun), di Pekalongan (8 tahun) Alumni IKIP Semarang/Unnes cukup teruji, diakui oleh masyarakat memiliki kualitas yang baik. Alumni Prodi, memiliki daya saing yang tinggi dan sepanjang saya mengabdi, alumni Unnes masih di atas rata-rata alumni PTLPTK yang lain.”
 
Iwan Hardi Saputro, S.Pd., M.Si
Ketua Guslat Ilmu Sosial Periode 2006-2007
(Dosen Ilmu Politik FIS UNNES)
Alumni Angkatan 2004

Sebagai alumni Jurusan PKn (HKn) FIS Unnes, saya merasa bangga dan bersyukur dengan kemajuan Jurusan PKn saat ini. Perkembangannya luar biasa, sarana dan prasara semakin komplit, sumber daya manusianya meningkat sehingga banyak prestasi yang diperoleh. Kemajuan inilah yang membuat kami merasa bangga dan senang sebagai alumni. Oleh karena itu, sebagai alumni mari kita tingkatkan kepedulian kita untuk bersama membangun Jurusan PKn tercinta. Lulus bukan berarti pergi begitu saja, tapi mari kita tingkatkan komunikasi untuk membangun Jurusan PKn menjadi lebih baik dan maju.

Untuk adik-adik saya, baik yang ada di Prodi PPKn maupun Prodi Ilmu Politik, jaga nama baik alamamater kita, jurusan kita, prodi kita. Harumkan namanya dengan prestasi yang gemilang. Jangan mudah puas dengan apa yang Anda peroleh, tetapi teruslah belajar, belajar dan belajar memperluas ilmu guna mencapai cita-cita di masa yang akan datang. Semangat dan jaya untuk kita semua.  
Harapan kami sebagai alumni semoga keinginan untuk mendirikan Program Studi S2 PPKn bisa segera terwujud. Amin.” 

 

Henri Purwoko, S.Pd
Alumni PPKn Anggkatan 1995
(Anggota DPRD Kabupaten Rembang)
“PPKn….waktu saya memilih Prodi PPKn, karena hati saya yakin jurusan ini yang selaras dengan saya, walaupun setelah saya lalui, banyak yang mengatakan ini bukan jurusan favorit saya, mau jadi apa setelah lulus nanti tetapi saya berpikir bahwa bahwa yang penting saya niat menuntut ilmu dan saya suka menjalaninya, soal masa depan bukan ijazah yang menentukan, karena saya yakin Allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu. Dan benar, setelah saya lulus ternyata banyak manfaat yang saya dapatkan ketika saya kuliah di PPKn, tidak bisa saya jelaskan tetapi bisa saya rasakan manfaat yang begitu besar. Yang jelas Jurusan ini membawa saya pada jalan saya sekarang.
Harapan saya semoga jurusan PKn semakin jaya dan berkarya mencetak generasi-genarasi terbaik bangsa ini.
Untuk adik-adik saya, ketika Anda sudah yakin menempuh jalan Anda, laluiliah dengan penuh keyakinan dan jangan ragu. Belajarlah dan tuntutlah ilmu sebanyak mungkin, karena dengan ilmu itulah Anda akan mengrti  tentang jalan hidup dan yakin masa depan Anda, Anda sendiri yang menentukan, bukan orang lain. Niatlah kelak menjadi orang yang bisa bermanfaat untuk orang lain, jangan sekedar niat untuk dapat kerja belaka, karena ketentuan Allah akan berbanding lurus dengan apa yang Anda angankan dan cita-citakan dengan penuh keyakinan”.
Semoga bermanfaat.

 

Ardhi Firmansyah, S.Sos
Alumni Ilmu Polotik Angkatan 2012
Ketua Ikatan Alumni (IKA) Ilmu Politi

 

“Mendapat kesempatan belajar bersama dalam civitas academia Prodi Ilmu Politik Universitas Negeri Semarang merupakan hal yang membanggakan untuk saya. Bersama Bapak dan Ibu dosen kami dibimbing untuk mempelajari ilmu politik dengan berlandaskan nilai Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, serta pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai dasar untuk pengabdian kepada masyarakat sehingga dapat mencetak lulusan yang berkarakter, berdayaguna, dan bereputasi Internasional. Harapan saya semoga jurusan PKn semakin jaya dan berkarya mencetak generasi-genarasi terbaik bangsa ini”.

 

Muhammad Luthfi, S.Sos
Alumni Ilmu Politik 2012
Student Master’s Program in Taiwan and Asia-Pacific Studies, College of International Studies, Tamkang University, Taiwan
Staf Wakil Ketua MPR RI
“Banyak orang yang berpendapat bahwa politik itu memiliki makna negative. Karna cukup banyak actor politik yang terlibat kasus korupsi, sehingga ini lah yang membuat masyarakat langsung menilai Politik itu Kotor, Politik itu tidak berEtika. Prodi Ilmu Politik Unnes, membentuk mahasiswanya sebagai calon akademisi politik yang berEtika yang berJiwa Pancasila. Sejalan dengan kondisi negeri kita kekini, pemerintah sedang gencar memperkuat Pancasila sebagai Idiologi Negara. sehingga Prodi Ilmu Politik Unnes sudah mulai mampu membaca tuntutan Global tanpa meninggalkan Kekhasan dari Indonesia, yang di mata dunia memiliki sifat Ramah dan Santun. Itulah yang saya dapat selama belajar di Prodi Ilmu Politik Unnes yang membangun kepribadian saya dalam dunia politik, teringat sebuah tulisan yang di buat oleh Kofi Annan, former UN Secretary General “The world is at a critical juncture, and so are you….. Go ahead and make your plans….. and don’t stop learning. But be open to the detours that lead to new discoveries”.

 

 

Dian Pertiwi, S.Sos
Alumni Ilmu Politik Angkatan 2012

 

“Hidup itu belajar, belajar itu hidup. Ilmu politik dapat memberikan pelajaran kehidupan negara dan bernegara yang baik, lebih baik dan sangat baik sampai dapat bermanfaat untuk masyarakatnya, seperti halnya Prodi ilmu politik PKN FIS UNNES, lewat pelajaran dari Dosen berkompeten yang mengajarkan Saya dan mahasiswanya tentang nilai politik lokal dan etika politik yang bertujuan untuk membangun karakter demokratis dan ber-etika politik yang baik, lebih baik dan sangat baik sampai dapat bermanfaat untuk negaranya. Selalu maju dan menjadi yang baik, lebih baik dan sangat baik untuk prodi ilmu politik PKN FIS UNNES tercinta.
(Salam jempol dari Dian Pertiwi, S.Sos /ipol’12)

Ines Fiera Wijayanti, S.Sos
Alumni Ilmu Politik Angkatan 2013
“Dengan ilmu yang saya dapatkan saat berkuliah di ilmu politik unnes, saya bisa berkomunikasi dan membangun relasi yang baik dengan tokoh masyarakat, pegawai pemerintah bahkan pejabat Negara.
Dosen ilmu politik, tidak pernah setengah-setengah memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswanya, sehingga karya tulis saya banyak menjadi sorotan media dan masyarakat luas”.
Alhamdulillah, belum genap sebulan diwisuda saya sudah menjadi pegawai di bank Mandiri yang merupakan salah satu bank BUMN di indonesia.
Terimakasih ilmu politik unnes. Saya bangga menjdi bagian dari ilmu politik unnes”.

Muhammad Bachrul Azhari, S.Sos
Alumni Ilmu Politik Angkatan 2012
“Keseimbangan antara soft skill dan hard skill yang diperoleh semasa kuliah di Ilmu Politik Universitas Negri Semarang mampu meningkatkan kompetensi dan kapabilitas para lulusannya”.

 

Agung Yenny  Puspita,S.Pd

TTL : Blora,2 Januari 1987

Pekerjaan : Guru SMK Negeri 1 Mimika Papua

Alamat bekerja : Jl. LIP Kuala Kencana Timika Mimika Papua 99910

Saya merasa bangga & bersyukur dengan kemajuan Prodi PKn.

Prodi PKn tempat generasi muda  mendapatkan ilmu utk menghadapi permasalahan negeri yg kini pemerintah sedang gemcar memperkuat Pancasila sebagai ideologi bangsa. Dan dar prodi PKn ini bisa membentuk warga negara yg berkarakter,bermoral,berEtika yg berjiwa Pancasila.

Dengan ilmu yg saya dapatkan dari Prodi PKn saat kuliah dgn bapak ibu dosen yg berkompeten dapat mengajarkan saya untuk hidup berBhinneka sesuai dengan tempat kerja saya di Timika Papua, di lingkungan saya terdapat keberagaman suku,budaya serta agama. Disinilah manfaat belajar tentang Pancasila dan makna Bhinneka Tunggal Ika.

Harapan untuk jurusan

Saya berharap prodi PKn semakin maju, terus berkarya & dapat mencetak generasi muda yg tangguh,jujur,berEtika,bermoral & berjiwa Pancasila

 

 

Nama: Hafid Priawitantio, S.Pd
Prodi PPKn Unnes angkatan 2013
Lulusan tahun 2017 dengan IPK 3,82. Lulus sebagai wisudawan terbaik FIS Unnes periode 3. Sekarang mengajar di SMA Budi Luhur Tangerang

Testimoni: Sangat bangga bisa menjadi bagian dari PPKn Unnes, sebuah institusi berakreditasi A, dengan dosen yang berkualitas, fasilitas yang mumpuni untuk menunjang proses perkuliahan. Ditambah lagi dengan adanya padepokan karakter sebagai wadah serta sarana pembinaan karakter mahasiswa sebagai calon pendidik. Senang juga bisa berkesempatan bergabung dalam organisasi Himpunan Mahasiswa jurusan Politik dan Kewarganegaraan yang disana pula saya bisa belajar melatih jiwa kepemimpinan, tanggung jawab, serta melatih praktik kewarganegaraan seperti halnya membawa aspirasi mahasiswa dan masyarakat serta mengkritisi berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Jurusan PKn juga telah berhasil menjadi penyelenggara Bulan Pancasila yang di dalamnya terdapat berbagai kegiatan implementasi nilai-nilai Pancasila, seperti halnya Bakti Pancasila, Bazar buku, donor darah, serta event yang sangat besar Olimpiade Pancasila tingkat Pulau Jawa. Terima kasih atas segala kesempatan yang diberikan selama perkuliahan di Jurusan PKn Unnes. Semoga semua lulusan PKn Unnes bisa membawa pengaruh baik bagi sekitar, menjadi sosok yang menguatkan ideologi Pancasila, serta menebarkan wawasan konservasi sosial bagi masyarakat, bangsa, dan negara