AKTUALISASIKAN NILAI-NILAI PANCASILA, HIMPUNAN MAHASISWA POLITIK DAN KEWARGANEGARAAN SELENGGARAKAN WEBINAR NASIONAL DALAM MEMPERINGATI BULAN PANCASILA VIII

Himpunan Mahasiswa Politik dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang telah menyelenggarakan kegiatan Web Seminar (Webinar) Nasional dengan tema “Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Di Tengah Pandemi Covid-19 Guna Mempererat Solidaritas Di Kalangan Generasi Muda”. Webinar ini menghadirkan narasumber yang memiliki persamaan yaitu aktif dalam studi kajian Pancasila tetapi memiliki latar belakang yang berbeda. Dari kalangan cendekiawan, aktivis Pancasila, dan penulis oleh Yudi Latif MA PhD dan dari kalangan dosen yakni oleh Noorochmat Isdaryanto SS M Si Kegiatan ini diselenggarakan melalui video conference aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan langsung di channel Youtube PKN TV pada Selasa/28/7/2020.

Penanggung jawab webinar nasional, Syifa Fadillah mengatakan kegiatan webinar ini diikuti 367 peserta dari berbagai kalangan mulai dari dosen, guru, mahasiswa, serta masyarakat umum. Penanggung jawab webinar ini mengatakan bahwa acara ini sebagai upaya untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila di tengah pandemi Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari di kalangan generasi muda agar kehidupannya tetap terarah dan berjalan dengan baik.

Ketua panitia pelaksanaan Bulan Pancasila VIII, Windarsih menuturkan bahwa serangkaian kegiatan Bulan Pancasila VIII bertujuan untuk mengasah berbagai dan pemikiran generasi muda yang diharapkan akan memberi kontribusi nyata bagi upaya peningkatan peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada ranah pendidikan dan sebagai penguatan karakter pemuda Indonesia sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di tengah pandemi Covid-19.

Webinar nasional ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Dr Moh. Solehatul Mustofa MA. Pada kesempatan tersebut, Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada narasumber, moderator, panitia, serta peserta webinar yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Beliau menambahkan bahwa tema Bulan Pancasila VIII yang dikaitkan dengan pandemi Covid-19 dan solidaritas di kalangan generasi muda sangat penting untuk disampaikan. Solidaritas di antara generasi muda memiliki arti kebersamaan di antara anak bangsa dan yang lebih luas lagi adalah kebersamaan sesama umat manusia.

Yudi Latif M.A Ph D selaku narasumber pertama pada acara webinar Bulan Pancasila menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 merupakan momen pembuktian tentang seberapa ampuh nilai-nilai Pancasila dalam mempertahankan daya hidup suatu bangsa. “Momen-momen krisis pandemi ini membuat hal-hal yang sebelumnya tidak terlihat menjadi terlihat, jati diri bangsa kita lebih tampak karena pandemi merupakan reaksi alam yang tidak dapat ditutup-tutupi. Ketika Covid-19 merebak maka kita memetik kesimpulan bahwa ternyata hidup ini saling bergantung antara satu dan lainnya. Jika kita bergantung dan bergotong-royong dalam kebaikan kita akan tumbuh bersama. Jika kita bersatu dalam keburukan, maka kita akan bersama-sama dalam kehancuran.”, imbuhnya.

Narasumber kedua, Noorochmat Isdaryanto SS MSi menyampaikan “pada masa pandemi seperti ini, kita tentu akan mengalami keterbatasan dalam mengeksplor lingkungan karena social distancing yang perlu kita lakukan. Realitas kita sebagai generasi muda dapat kita pantau melalui media sosial. Kita dapat mengadakan workshop dan seminar terutama terkait dengan peran pemuda dalam melawan Covid-19. Adapula workshop mengenai pencapaian dan usaha generasi muda dalam bidang ekonomi. Kemudian dapat kita lihat melalui kelebihan IPTEK generasi muda yakni mereka mampu menciptakan pesan protokol kesehatan yang menarik baik dalam bentuk leaflet, foto, maupun video”.

Sesi tanya jawab dilaksanakan selama 60 menit dipandu moderator. Dalam sesi ini peserta antusian mengajukan pertanyaan yang bervariasi sehingga membuat jalannya webinar menjadi lebih menarik. Selain itu, jawaban-jawaban yang disampaikan oleh pemateri juga sangat bermanfaat untuk seluruh peserta webinar dan dapat menjadi dorongan bagi para peserta untuk dapat mengamalkan perilaku yang berpedoman pada nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan webinar ini ditutup dengan penyampaian pengumuman pemenang lomba Bulan Pancasila ke VIII tahun 2020. Cabang perlombaan yang diumumkan antara lain Lomba Poster Kebangsaan SMP/MTS/sederajat tingkat nasional, Lomba Puisi Kebangsaan SMA/SMK/MA/sederajat tingkat nasional, dan Lomba Mahasiswa tingkat nasional.

Adapun peserta yang berpartisipasi dalam berbagai perlombaan pada Bulan Pancasila VIII yaitu 42 peserta Lomba Poster Kebangsaan SMP/MTs/Sederajat tingkat nasional, 35 peserta Lomba Puisi Kebangsaan SMA/SMK/MA/Sederajat tingkat nasional, dan 88 peserta Lomba Esai Mahasiswa tingkat nasional.

Peserta yang berhasil memenangkan perlombaan dan meraih penghargaan pada Bulan Pancasila VIII antara lain sebagai berikut.

Pemenang Lomba Poster Kebangsaan SMP/MTs/Sederajat Tingkat Nasional

Juara I atas nama Elsa Febriana – SMP Negeri 2 Tugu

Juara II Tyaranisa Putri Febrina – SMP Ulul Albab

Juara III Marva Alzena Julganaya – SMP Negeri 4 Bogor

Pemenang Lomba Puisi Kebangsaan SMA/SMK/MA/Sederajat Tingkat Nasional

Juara I Viky Dwi Palupi – SMA Negeri 1 Boyolali dengan judul karya “Surat 14 Hari”

Juara II Umi Khabibah Lestari – SMK Negeri 1 Kendal dengan judul karya “Sajak Gelabah”

Juara III Nilasari Octaviani – SMA Negeri 1 Gebog dengan judul karya “Egoisme dan Pandemi”

Pemenang Lomba Esai Mahasiswa Tingkat Nasional

Juara I Hendri Irawan – Universitas Negeri Semarang

Juara II Nur Siami Fitriawati – Universitas Negeri Surabaya

Juara III Suham Cahyono – Universitas Airlangga

Panitia mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang lomba dalam serangkaian Bulan Pancasila tahun 2020 serta menghaturkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut berpartisipasi serta mengajak peserta untuk kembali berpartisipasi dalam Bulan Pancasila IX pada tahun selanjutnya. (I_Hs)

 

Leave a Comment