Nyalakan Api Unggun, Nyalakan Semangat PAC PGMK 2019

Nyalakan Api Unggun, Nyalakan Semangat PAC PGMK 2019

“Api unggun sudah menyala, api unggun sudah menyala, api, api, api unggun sudah menyala” begitulah kira kira syair lagu yang terdengar sayup-sayup di nyanyikan oleh peserta PAC PGMK yang merupakan Mahasiswa PPKn Semester satu Jurusan Politik dan Kewarganegaraan yang yang malam itu menyelenggarakan kegiatan terakhir PGMK yaitu PGMK Adventure Camp (PAC) tahun 2019.

Syair lagu tersebut terdengar, semakin lama semakin jelas mengiringi nyalanya api unggun yang semakin berkobar menerangi pelataran bagian tengah dari lapangan tersebut, Minggu malam (8/12).

Pelaksanaan 3 hari 2 malam, pada hari Minggu sd Selasa, 8 sd 10 Desember 2019 telah dilaksanakan PAC PGMK bertempat di Lapangan Tembak Kodam IV Diponegoro Meteseh Tembalang. Menurut pelatih PGMK Bapak Giri Harto Wiratomo, S.Pd., M.Hum. kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi outdoor mahasiswa PPKn yang mengambil matakuliah PGMK.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Suprayogi, M.Pd. dan ditutup oleh Drs. Tijan, M. Si. Kegiatan PAC PGMK terdiri atas penilaian keterampilan kepramukaan, pensi, dan sarasehan. Manfaat dari nyalanya api unggun sebagai penghangat. Penghangat suasana yang memang saat ini sedang musim hujan, namun lebih dari itu, sebagai penghangat peserta PAC agar saling menghangatkan dan memberikan semangat kepada sesama peserta lainnya.

Tujuan kegiatan kemah PAC yaitu untuk menumbuhkan kemandirian, maksudnya yaitu peserta tidak mengandalkan bantuan orang tua secara langsung namum berlatih bekerja sama dengan Kelompok untuk bertahan hidup selama beberapa hari kedepan.

“Kesan-kesan yang baik tertanam dalam hati, yang muda menghormati yang tua, yang tua memberi hormat, yang tua memberi nasihat, dan yang muda terima sebagai wasiat. Buanglah rasa sedih dan kecewa, dan bangkitkan rasa sukacita. Nyalakan Api unggun, pengikat erat jalinan hati, antara pandu-pandu sejati, arena bergembira dan berkreasi, maju dan jayalah pangkalanku” Demikian kira-kira penggalan sekapur sirih yang diucapkan oleh peserta PAC dalam Upacara Api Unggun. (IHS)

Leave a Comment